news & article

Method-2 Robot Mech dalam Game dan Cerita Fiksi Ilmiah Dalam Kenyataan!

Anda suka bermain game Mechwarrior? Atau lagi asik main game Titanfall? Game-game tersebut mengambil konsep pertempuran menggunakan robot-robot raksasa yang bisa dikendarai oleh manusia. Konsep robot semacam ini ini juga muncul pada cerita serta sejumlah film fiksi ilmiah seperti Aliens dan robot-robot semacam itu selama ini hanya kita bisa mainkan di game atau kita tonton dalam film di layar bioskop maupun televisi.


Ternyata Robot semacam MechWarrior ini bisa dikatakan sudah menjadi kenyataan di mana salah satu konglomerat teknologi pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos pun sudah merasakan mengendarai dan berada dalam robot Method 2 ini pada acara MARS (Machine-learning, home Automation, Robotics and Space exploration) sebuah acara dari Amazon yang diperuntukkan hanya untuk undangan terbatas di bulan Maret 2017.

Bahkan si Jeff Bezos pun antusias dalam mencoba robot ini dan mentweetnya (link tweet: https://twitter.com/JeffBezos/status/843692770405617664/photo/1)

Kalau tidak percaya coba lihat saja foto berikut yang kami ambil dari twit beliau.



Robot ini memiliki ketinggian 4 meter dan ruangan kokpit di dalamnya hanya cukup untuk dikendarai untuk 1 orang saja, sedangkan berat robot ini adalah 1.6 ton.

Tangan pilot terhubung dengan pengungkit mekanis yang menyampaikan gerakan pilot ke tangan raksasa dari robot.

Kisah pembuatan robot ini bermula dari permintaan CEO Hankook Mirae Technology bernama Jin-Ho Yang yang menghubungi desainer industri Vitaly Bulgarov. Perlu diketahui bahwa Bulgarov ini sudah bekerja dalam banyak film dan game, membuat desain dan karakter untuk RoboCop, Transformer serta World of Warcraft.



Sang CEO Mirae tersebut meminta Bulgarov untuk membuat sesuatu yang hanya ada di film dan komik dan perusahaannya Hankook Mirae merupakan perusahaan dari Korea Selatan yang memiliki spesialisasi dalam membuat robot yang bisa bekerja dalam kondisi ekstrim dan berbahaya di mana manusia tidak bisa memasukinya.



Yang mengatakan robot ini diperkirakan akan siap dijual pada akhir tahun 2017 dengan perkiraan harga USD 8.3 juta atau sekitar 110 miliar rupiah .

Anda bisa melihat video demo rbot Method 2 ini beraksi dari channel perusahan Mirae berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=6T16r2hNdsU&feature=youtu.be

Bagusnya robot ini didesain dan dibuat bukan untuk bertempur, tapi untuk membantu manusia … tapi kalau Anda membayangkan masa depan memang ada kemungkinan penggunaan robot semacam ini untuk keperluan militer dan akhirnya game semacam Mechwarrior, TitanFall atau film peperangan robot raksasa benar-benar menjadi kenyataan … Semoga saja hal itu tidak terjadi ya.